Blog Referensi Untuk Anda Yang Sedang Mencari Informasi Seputar Kesehatan, Pengobatan Update Setiap Harinya

Tuesday, January 28, 2014
Berlangganan

Tips Merawat Kulit Sensitif

Info Kesehatan

Tips Merawat Kulit Sensitif Cara merawat kulit sensitif yang sebaiknya anda perlu ketahui agar masalah yang kerap kali muncul pada kulit sensitif ini dapat anda hindari. Cara merawat kulit sensitif sebagai bentuk perawatan terhadap kulit sensitif agar kulit tetap sehat selalu. Kondisi kulit sensitif tentunya menjadi suatu hal yang memerlukan perawatan khusus. Jika anda memiliki jenis kulit yang tergolong sensitif namun anda mengabaikan dalam hal melakukan perawatan yang tepat maka tentunya masalah bagi kulit sensitif akan dengan mudahnya anda alami.

Jenis kulit sensitif berpengaruh pada faktor keturunan, dimana faktor keturunan ini menjadi faktor utama kulit sensitif. Dimana lapisan kulit luar bagi jenis kulit sensitif mudah sekali terpengaruh oleh kondisi cuaca, lingkungan, bahan-bahan kimia bahkan dari udara sekalipun. Hal yang paling umum yang dapat terlihat pada kulit sensitif ini biasanya kulit akan mudah sekali mengering, serta dengan mudahnya terjadi iritasi terhadap kulit. Sebelum anda mengenali benar mengenai perawatan terhadap kulit sensitif ini ada baiknya anda mengetahui beberapa ciri umum kulit sensitif.
Bagi jenis kulit sensitif biasanya mudah sekali terpengaruh oleh sinar matahari, polusi, terpengaruh oleh cuaca dingin, kontak langsung dengan bahan kimia seperti yang terdapat pada kosmetik ataupun produk untuk mandi seperti sabun misalnya. Jika kulit sensitif dipicu oleh hal tersebut maka tentunya kulit akan dengan mudahnya bereaksi karena kurang baiknya sistem perlindungan kulit yang dimiliki.

Munculnya rasa gatal, perih, bahkan rasa menyengat kerap kali terjadi pada kulit sensitif ketika kulit berhubungan dengan berbagai hal yang dapat memicu reaksi terhadap kulit tadi.
Pada siang hari biasanya kulit akan terlihat sangat kering seperti bersisik, jika hal ini terjadi pada kulit anda maka bisa jadi jenis kulit yang anda miliki adalah jenis kulit yang sensitif.
Bagi jenis kulit sensitif jika telah terjadi kerusakan terhadap kulit misalnya noda bekas jerawat, flek hitam ataupun bekas luka menjadi sukar untuk dihilangkan.
Ciri kulit sensitif lainnya adalah tingkat ketebalan dari kulit itu sendiri biasanya lebih tipis dari kulit pada umumnya. Hal ini dapat ditandai dengngan terlihatnya garis halus pembuluh darah dibalik kulit sensitif. Jenis kulit sensitif biasanya lebih tipis dari kulit dengan jenis normal.

Kulit sensitif akan lebih jelas terlihat ketika anda selesai membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih. Biasanya kulit wajah akan nampak terlihat memerah setelah anda melakukan hal tersebut.

Jenis kulit sensitif biasanya sering kali mengalami alergi, rasa gatal, munculnya flek hitam, bahkan jerawat.

Dengan mengetahui akan ciri-ciri kulit sensitif ini dan jika hal ini trejadi pada kulit anda maka tentunya anda memerlukan beberapa cara merawat kulit sensitif yang mesti anda jalani agar masalah kulit sensitif tidak mengganggu aktifitas harian anda.


Cara Merawat Kulit Sensitif

  1. Pastikan selalu kulit terjaga kelembabannya, anda dapat menambahkan pelembab kulit jika diperlukan untuk mencegah terjadinya kulit kering. Namun sebaiknya perhatikan benar-benar akan bahan yang digunakan pada produk pelembab tersebut. Sudah amankah dan teruji secara kliniskah produk tersebut bagi jenis kulit sensitif. Salah-salah jika kurang tepat dalam menggunakan pelembab bagi kulit sensitif malah dapat memperparah kondisi kulit anda.
  2. Membiasakan diri membersihkan wajah setidaknya dua kali dalam sehari, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran ataupun bakteri yang biasanya ada disekitar anda yang jika melekat bakteri dan kuman ini dapat menyebabkan alergi bagi kulit sensitif.
  3. Ketika membersihkan wajah sebaiknya gunakan air dengan suhu yang normal saja, hindari penggunaan air hangat ataupun air dingin. Penggunaan air hangat ataupun air dingin bisa memicu kulit sensitif menjadi dengan mudahnya teriritasi.
  4. Sebaiknya gunakan produk dari bahan alami yang aman, kandungan ektrak bunga chamomile ataupun bahan alami dari lidah buaya tentunya baik dalam menjaga dan merawat kulit sensitif karena sifatnya bisa sebagai anti-iritasi.
  5. Hindarilah produk kecantikan ataupun bahan pembersih wajah yang memiliki kandungan alkohol. Alkohol yang terdapat pada produk tersebut akan memicu kulit menjadi lebih kering dan biasanya akan dengan mudah menyebabkan terjadinya iritasi terhadap kulit yang sensitif.
  6. Untuk mencegah terjadinya iritasi terhadap kulit sensitif ketika anda berada diluar ruangan sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki kandungan zinc serta tidak memiliki kandungan minyak yang berlebih.
  7. Atur pola makan anda, hindari makanan yang memiliki rasa asin ataupun manis yang berlebih.
  8. Mengkonsumsi makanan yang terlalu asin ataupun terlalu manis dapat memicu reaksi dalam tubuh yang menyebaban terjadinya iritasi bagi kulit sensitif. Perbanyak makan buah dan sayuran lebih dianjurkan dalam merawat dan menjaga kulit sensitif tetap sehat dan terhindar dari iritasi bagi kulit yang sensitif.
  9. Untuk membantu mempertahankan kelembaban kulit dari dalam, cukupi kebutuhan akan air minum. Disamping membantu agar tubuh tidak kekurangan cairan dan kulit tidak mudah kering, dengan minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari mampu membantu anda dalam mengatasi kulit sensitif agar tidak mudah terjadi iritasi.
  10. Gunakan kosmetik yang berbahan dasar aman bagi kulit sensitif, hindari produk kosmetik yang mengandung aroma wangi. Zat yang terdapat pada kosmetik yang memiliki wangi-wangian tersebut tentunya bisa memicu kulit sensitif mengalami iritasi. 

Dengan mengetahui ciri-ciri kulit sensitif dan Cara Merawat Kulit Sensitif ini tentunya anda dapat mengontrol kondisi kulit anda sendiri agar kulit sensitif menjadi lebih terlindungi sehingga tidak menyebabkan kerusakan ataupun iritasi terhadap kulit sensitif.